Rabu, 10 September 2014

Habitat, Distribusi, dan Siklus Hidup Ikan Mas

Habitat dan Distribusi

Ikan mas hidup pada perairan tertutup, seperti kolam-kolam air tawar dan perairan terbuka, seperti danau, sungai, rawa dan waduk. Namun, ikan ini juga pernah ditemukan di muara sungai berair payau (Susanto, 1999). Ikan ini hidup pada tempat yang tidak terlalu dalam dan aliran air cenderung tidak terlalu deras. Ketinggian tempat optimal untuk ikan mas adalah 150-600 m dpl pada suhu 25-30 OC (Huet, 1971; dan Suseno, 2000).

Siklus Hidup
Ikan mas di perairan tropis dapat matang gonad pada umur 1-2 tahun dengan kisaran berat 1,5-2 kg/ekor untuk betina. Sedangkan jantan dapat matang gonad pada umur 8 bulan dengan kisaran berat 0,5-0,7 kg/ekor. Perkembangan gamet sangat dipengaruhi oleh temperatur lingkungan. Perkembangan telur dan sperma induk ikan mas perairan tropis lebih cepat dibandingkan dengan perairan subtropis. Siklus reproduksi ikan mas dimulai dari dalam gonad jantan dan betina. Ovarium untuk gonad betina dan testis untuk gonad jantan.

Ikan mas akan memijah kapan pun, tidak tergantung pada musim. Secara alami, pemijahannya terjadi pada tengah malam sampai akhir fajar. Biasanya ikan mas akan mencari tempat memijah yang sesuai, seperti mencari tempat imbun dengan tanaman air atau rumput-rumput yang menutupi permukaan air. substrat-substrat tersebut dapat merangsang pemijahan, juga dapat digunakan untuk sarang telur yang dikeluarkan oleh ovarium. Telur akan melekat pada substrat. Telur ikan mas berdiameter 1,5-1,8 mm dengan bobot berkisar 0,17-0,20 mg ( Khairuman dan Gunadi, 2008). Telur tersebut kemudian dibuahi oleh sperma yang dihasilkan testis. Telur yang telah dibuahi kemudian akan menetas dan menghasilkan larva. Larva akan berubah menjadi benih, dan benih menjadi ukuran dewasa (Suseno, 2002).

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungii website kami ya!! http://bit.ly/2MHDqgH

    BalasHapus

Diskusi Yuk?