Selasa, 09 September 2014

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Mas

Selamat sore, semuanya....
Sudah lama saya tidak menyambung tulisan di blog ini....
Tulisan ini dimuat berdasarkan pengetahuan saya selama kuliah yang didasari dari beberapa sumber.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat...
         Ikan Mas adalah salah satu jenis ikan konsumsi famili Cyprinidae. Klasifikasi lengkapnya menurut Saanin (1984) adalah sebagai berikut:
 Ikan Mas

Kingdom : Animalia
Filum       : Chordata
Kelas        : Pisces
Ordo         : Ostariophysi
Famili       : Cyprinidae
Genus       : Cyprinus
Spesies      : Cyprinus carpio               
     

Ikan mas memiliki bentuk tubuh memanjang dan sedikit pipih ke samping atau lebih dikenal dengan bentuk compressed. Tubuh ikan ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu, kepala, badan, dan ekor. Bagian kepala terdiri dari sepasang mata, sepasang cekung hidung yang tidak berhubungan dengan rongga mulut, celah-celah insang, sepasang operkulum, dan alat pendengar dan keseimbangan yang tampak dari luar.

         Mulut ikan ini terletak di ujung tengah (terminal), dapat disembul-sembulkan (proaktif). Di kedua ujung mulutnya terdapat pasangan sungut, namun terkadang satu pasang sungutnya tidak sempurna. Bagian badan sebagian besar tertutup oleh sisik. Sisik ikan ini berupa sisik Cycloid dengan ukuran yang relatif besar. Bagian badan terdiri dari abdomen, dada, dan dorsal. Bagian abdomen terdiri dari bagian bersisik lembut dan sirip perut. Bagian dada terdiri dari bagian bersisik lembut dan sirip dada. Bagian dorsal terdiri dari bagian bersisik keras dan sirip punggung dengan jari-jari sirip keras dan lunak. Bagian ekor terdiri dari bagian bersisik keras dan sirip ekor. Sirip ekor menyerupai cagak memanjang simetris. Selain itu, pada ikan terdapat gurat sisi, yaitu sensor berupa garis yang memanjang dari badan bagian depan di belakang pangkal kepala sampai bagian ekor (Santoso, 1993; Suseno, 2000; Rochdianto, 2005; dan Khaeruman, et al., 2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diskusi Yuk?